Header Ads

Batik Salem, Batik "Puteri Berdarah Biru" Asal Brebes



BREBESKITA.COM, SEKTOR RIIL - Banyak yang belum tahu kalau Kabupaten Brebes tidak hanya terkenal telor asin dan bawang merahnya, namun ada potensi lain yang dimiliki yaitu Batik Salem atau Batik Brebesan.

Menurut sejumlah sumber, Batik Salem memiliki sejarah panjang dan batik ini kali pertama dikenalkan oleh seorang puteri pejabat dari Pekalongan yang datang ke Desa Bentar, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes pada tahun 1917 masehi atau sekira abad ke 19.

Puteri tersebut mengenakan batik dan tinggal lama di desa tersebut hingga akhirnya menikah dengan pemuda setempat dan dari sinilah batik mulai akrab bagi warga sekitar hingga belakangan batik tersebut dinamakan Batik Salem.

Melihat sejarah Batik Salem maka wajar kalau batik yang menjadi kekhasan Kabupaten Brebes ini dikenal Batik Darah Biru. Jadi, wajar kalau kemudian Batik Salem bisa diterima dikalangan elit dan kelas menengah atas.



Bahkan baru - baru ini Batik Salem memamerkan kekhasannya pada event bergengsi yaitu Indonesia Fashion Week 2019. Dalam perkembangannya, saat ini batik salem telah munculkan berbagai motif, diantaranya motif kopi pecah, manggar dan ukel dengan ciri khas warna hitam dan putih.

Tampilnya Batik Salem di acara tersebut jelas menunjukan bahwa Batik Salem memiliki tempat khusus bagi masyarakat Indonesia, khususnya mereka yang meneliti perihal potensi daerah di Kabupaten Brebes, Sebab acar ini merupakan event bergengsi khusus fesyen.



Pasar Batik Salem pun kini telah menembus pasar nasional dan diterima dikalangan menengah atas. Tak heran sejumlah pejabat penting Indonesia memakai Batik Salem. Kini, warga Kabupaten Brebes pun mulai bangga dengan semakin dikenalnya Batik Salem di kancah nasional. (DBS)
Diberdayakan oleh Blogger.