Header Ads

Tiga Fakta Tentang Brebes yang Mendunia



BREBESKITA.COM, FAKTA - Kabupaten Brebes merupakan daerah yang berada di ujung barat Propinsi Jawa Tengah. Daerah ini berbatasan dengan Cirebon, Jawa Barat sedangkan di bagian timur berbatasan degan Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Namun tahukah Anda bahwa ada tiga fakta menarik tentang Brebes yang menarik, bukan saja bagi masyarakat Indonesia tetapi menjadi perhatian dunia. Berikut ini tiga fakta tentang Brebes yang sempat mendunia.

Fakta 1
Kemacetan Brexit yang Horor
Tahun 2016 lalu, Brebes sempat menjadi perbincangan dunia karena kemacetan di Pintu Tol Brebes Exit. Kemacetan ini disebut - sebut paling parah sedunia karena terjadi cukup lama dan di jalan tol, jalan yang seharusnya lancar.

Kemacetan horor di Brebes sempat menjadi headline media internasional, karena kemacetan tak hanya membuat orang terlambat menghadiri Shalat Idul Fitri bersama keluarga tetapi juga membawa korban jiwa akibat tersandra di tengah jalan.

Kemacetan ini terjadi pada masa mudik Lebaran tahun 2016 dan sampai sekarang orang selalu membicarakan kemacetan di Brexit saat melintas di Jalan Tol Brebes.

Fakta 2
Bawang Merah
Bawang merah merupakan komoditas utama masyarakat Kabupaten Brebes, mayoritas pertanian di daerah ini mengandalkan bawang merah. Dan saat ini sudah ada pengolahan dari bahan tersebut menjadi produk makanan yaitu bawang goreng, seperti Bawang Goreng Ma Harti.


Fakta 3
Bahasa Ngapak
Secara umum masyarakat di Kabupaten Brebes menggunakan tiga bahasa, yaitu bahasa Ngapak Tegalan, Cirebon dan bahasa Sunda. Khusus untuk bahasa Sunda mereka yang berdomisili di Kecamatan Banjarharjo dan sebagian Kecamatan Ketanggungan.

Bahasa Ngapak ini cukup terkenal dan menjadi ciri khas masyarakat Brebes. Bahkan sering digunakan untuk lelucon dan cibiran. Namun seiring berjalanya waktu bahasa Ngapak justru menjadi kebanggan masyarakat Brebes sampai lahir komunitas Ngapak.









Diberdayakan oleh Blogger.