Header Ads

Sama-Sama Daerah Perbatasan, Ini Bedanya Brebes dan Banyuwangi


BREBESKITA.COM, PEMERINTAHAN--- Kabupaten Brebes dan Banyuwangi sama-sama berada di daerah perbatasan. Banyuwangi merupakan daerah paling timur Jawa Timur sedangkan Brebes daerah paling barat Provinsi Jawa Tengah. Namun keduanya memiliki perbedaan yang cukup mencolok perihal pengelolaan daerah.


Beberapa perbedaan tersebut diantaranya Angka Kematian Ibu dan Anak (AKI), di Banyuwangi adalah daerah zero, artinya Banyuwangi merupakan daerah nol kematian Ibu dan Anak. Melalui program kreatifnya "Pemburu Ibu Hamil Risiko Tinggi" Banyuwangi mendapat penghargaan. Padahal, kepala daerahnya adalah seorang laki-laki.


Sementara itu, di Kabupaten Brebes, sebaliknya. Angka Kematian Ibu dan Anak justru tinggi. Padahal, kepala daerahnya adalah seorang perempuan dan diklaim sebagai Ibunya Brebes. Aneh, tapi ini fakta berdasarkan statistik, dimana tercatat ada 22 ibu meninggal saat melahirkan. 

Mestinya dengan memiliki kepala daerah seorang perempuan, Brebes bisa masuk zero kematian ibu dan anak. Perbedaan kedua adalah perihal angka kemiskinan. Di Kabupaten Banyuwangi, angka kemiskinan berhasil ditekan hingga 9 persen dari 20 persen. Melalui program Kampung Smart, Azwar sang Bupati berhasil menekan angka kemiskinan.


Sementara itu, di Kabupaten Brebes justru sebaliknya. Meski berada di daerah perbatasan dan memiliki sumber daya yang luar biasa, tapi angka kemiskinan justru tertinggi Se-Jawa Tengah. Data Badan Pusat Statistik Jawa Tengah merilis bahwa jumlah penduduk miskin di Brebes paling banyak Se-Jateng, yaitu 20 persen dari total penduduk sebanyak 1,78 juta.


Perbedaan selanjutnya adalah pada gaya kepemimpinan kedua daerah tersebut. Azwar mengoptimalkan networkingnya (jaringan) sehingga mampu mendongkrak pendapatan daerah. Selain itu, Azwar adalah Magister (S2) dari Universitas Indonesia. Sementara itu, Idza Priyanti, Bupati Non Aktif Brebes sepertinya kurang memiliki jaringan sehingga tidak  memiliki gebrakan dalam program. 


Redaksi NewsJateng | Diolah Dari Berbagai Sumber
Foto Ilustrasi: HaloJateng




Diberdayakan oleh Blogger.