Header Ads

Otong Sumbang, Ngais Rizki Sambil Kenalkan Budaya


BREBESKITA.COM, TAMU KITA - Di tengah gempuran musik dan budaya modern, tapi ternyata masih ada sekelompok warga yang memperhankan budaya kesenian yang menjadi kekhasan masyarakat Kabupaten Brebes.

Salah satunya adalah Otong Sumbang, pria kelahiran Kecamatan Tanjung, Kabupaten Brebes ini mengais rezeki dengan menyediakan jasa sewa Burok, yaitu sebuah kesenian tradisional yang dikenal dimasyarakat Brebes.

Ia bersama teman - temannya membentuk group yang kemudian diberi nama Sumbang Nada. Seni Burok adalah salah satu kesenian rakyat yang sangat terkenal dan digemari dikalangan masyarakat Brebes dan sekitar Cirebon. Seni Burok merupakan bentuk sinkretis, ia merupakan tradisi Badawang dalam masyarakat Sunda di Jawa Barat.



Dalam tradisi ini, mereka membawa patung orang-orangan besar atau makhluk seperti raksasa yang terbuat dari kerangka bambu yang dilapisi kain kostum dan dilengkapi topeng atau ukiran wajah dan kepala.

Kini, group keseniannya sudah banyak dikenal dan sering diminta tampil ke sejumlah acara, seperti pernikahan dan sunatan. Pria berkulit sawo matang ini gigih mempertahankan kesenian tersebut, bukan saja karena sebagai mata pencaharian tetapi juga sebagai upaya untuk melestarikan budaya khas Kabupaten Brebes. (DBS/KNT)
Diberdayakan oleh Blogger.