Header Ads

Nasi Ponggol, Sarapan Khas Warga Brebes


BREBESKITA.COM, KULINER - Setiap daerah memiliki kekhasan masing-masing perihal kuliner. Dan salah satunya adalah warga di Kabupaten Brebes dan sebagian Tegal, dimana mereka memiliki kebiasaan sarapan dengan Nasi Ponggol.

Secara umum, Nasi Ponggol sama dengan makanan yang biasa dimakan waktu pagi kebanyakan orang. Menu Nasi Ponggol sederhana, tempe oreg, tempe goreng, gorengan, mie dan beberapa menu merakyat lainnya.

Nasi ponggol mudah kita temui di sudut-sudut perkampungan dan perkotaan. Salah satunya adalah di Kecamatan Ketanggungan. Di daerah ini banyak penjual Nasi Ponggol, mulai di Terminal Pakupatan, Stasiun Kereta Api, pasar termasuk di dalam perkampungan desa.

Harga Nasi Ponggol pun relatif sangat murah, kisaran Rp 3.000 per bungkus tergantung lauk yang kita pilih. Namun secara umum hanya Rp 3.000 - Rp 5.000 per bungkus. Umumnya, para penjual Nasi Ponggol adalah kaum ibu.

Tidak ada cerita pasti dari warga mengenai Nasi Ponggol. Warga hanya menceritakan kalau Nasi Ponggol adalah nasi yang disajikan untuk orang yang hendak bekerja di sawah, seperti mencangkul, panen dan penggarapan sawah lainnya.

"Dulu mbungkusnya pakai duan jati dan menggunakan kayu keci, mirip tusuk gigi untuk dijadikan pengikat bungkus nasi, tapi sekarang mbungkusnya sudah pakai kertas nasi dan pakai karet untuk pengikatnya. (LPTN/KNT)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.