Header Ads

Menulis itu Penyatuan Fikir, Fisik dan Spiritual


Usia manusia itu ada limitnya dan setiap manusia pasti ingin meninggalkan sesuatu, salah satunya adalah soal pemikiran. Ada dua cara yaitu menulis buku atau biografi kita ditulis oleh orang lain, dan karena kita bukan tokoh maka jalan bijak adalah menulis buku.

Menulis itu hakikatnya adalah cara kita menyatukan fikir, fisik dan spiritual. Apa yang kita tulis pada hakikatnya menggambarkan siapa diri kita sebenarnya. Jika kita sering menulis tentang bisnis maka sesungguhnya fikiran kita sebagai seorang pebisnis.

Jika kita sering menulis tentang politik maka sesungguhnya kita sedang mentransformasi pemikiran tentang politik kepada publik. Hanya saja, ada yang sekadar menulis ada pula yang memang mereka ingin ide dan pemikirannya menjadi buah karya sehingga menjadi sebuah buku.

Saya memilih kedua, itu makanya saya menulis buku tentang brand. Buku Speak Brand merupakan pemikiran saya tentang bagaimana brand itu. Sebagai orang yang studi Ilmu Komunikasi Pemasaran dan Periklanan dan aktif dalam dunia jurnalistik saya merasa memiliki tanggungjawab moral untuk  menulis buku itu.

Ide dasar menulis sebenarnya saat saya bertemu dengan penerjamah Buku La Tahzan, yaitu Ustadz Samson Rahman. Ketika itu ia mengatakan bahwa usia manusia itu terbatas, oleh karena itu supaya kita memiliki sesuatu yang ditinggalkan dan menjadi pencerahan generasi selanjutnya maka ada dua cara, yaitu ditulis oleh orang lain atau menulis buku sendiri.

"Karena kita bukan siapa - siapa maka jalan menulis buku adalah pilihannya," kata Ustadz Samson Rahman. Waktu itu saya masih bekerja sebagai Jurnalis di Jawa Pos Group (Radar Banten). Statemen filosofis ini menancapa dalam fikiran saya sampai sekarang.

Maka lahirlah buku pertama saya "Speak Brand" meskipun baru lahir setelah 10 tahun saya mendengar kalimat itu dengan berbagai alasan yang sebetulnya dibuat - dibuat sih. Dan Insya Allah saya sedang menyelesaikan tiga buku sekaligus, yaitu Personal Branding, Branding Produk dan tentang Iklan.

Ketiga buku itu merupakan kelanjutan dari buku pertama saya "Speak Brand". Karena dibuku pertama masih bersifat umum. Dan saya sangat suka ketika ada orang yang mengajak diskusi tentang brand, brand apapun, apakah itu brand politik, personal branding, city branding dan brand produk komersial.

Saya sangat terbuka dan siap untuk memberikan secuil ilmu dan sedikit pengalaman, baik selama menjadi Jurnalis di media mainstream selama kurang lebih 10 tahun. Maharti Networking, yaitu sebuah perusahaan yang bergerak dibidang Brand Consultant, Media Online merupakan salah satu sarana aktualisasi saya pasca tidak bekerja di media mainstream.

Media Online BrebesKita ini merupakan salah satu pemikiran saya bagaimana bisa tetap partisipasi untuk kemajuan Brebes, dimana saya lahir dan besar meskipun berada di perantauan. Bagi saya, adanya teknologi internet yang power full meski dimanfaatkan secara maksimal bagi kita.

Salam,
Karnoto
WhatsApp 0859 201 290 49
Diberdayakan oleh Blogger.